Monday, January 11, 2010

Harga Properti Akan Naik 15-20 Persen

Kamis, 07 Januari 2010 12:20 WIB

(Vibiznews-Property) Harga jual properti di dalam negeri khususnya di Sumatera Utara (Sumut) diperkiikan naik 15 hingga 20 persen menyusul meningkatnya permintaan.

"Kenaikan harga rumah diperkirakan sudah terjadi sejak triwulan II tahun 2010. Kenaikan harga terjadi untuk setiap tipe," kata pengembang di Sumut, Tomi Wistan, di Medan, Kamis.



Kenaikan harga jual properti tahun ini cenderung dipicu oleh permintaan yang mulai membaik, selain ada faktor lain seperti siklus harga yang sudah beberapa tahun terakhir ini harga jual tidak naik maupun kenaikan bahan bangunan seperti besi.

Harga besi misalnya sudah Rp7.000 per kg setelah sebelumnya anjlok tinggal Rp6.500 per kg dari Rp11.500 menyusul banyaknya masuk produk China

Direktur PT Asa Bisnis Center itu, menjelaskan, permintaan rumah yang meningkat itu sendiri dipicu oleh investasi yang dinilai pemodal kurang menarik lagi seperti di pasar saham, valas maupun emas.

"Properti dianggap menjadi instrumen investasi yang lebih menjanjikan tahun ini," katanya.

Apalagi, kata Tomi, suku bunga kredit perumahan tren menurun akibat BI Rate yang juga melemah.

Meski ada kenaikan, BI Rate diperkirakan tidak lagi mencapai angka 9,25 persen setelah dewasa ini turun tinggal 6,25 persen.

"Suku bunga KPR (kredit pemilikan rumah,red) yang berkisar 7,5 -11,5 persen dewasa ini dinilai relatif murah," kata Tomi yang juga menjabat Ketua Kadin Serdang Bedagai, Sumut itu.

Pengamat ekonomi Sumut, Jhon Tafbu Ritonga, menyebutkan, sebagian besar masyarakat memang memilih investasi di properti karena selain dinilai lebih aman juga nilai jualnya pasti naik setiap tahun.

Apalagi, kata Jhon yang Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU) itu, kebutuhan rumah masih tinggi.

"Lihat saja, penjualan rumah tetap laku dan naiknya terus harga sewa rumah. Kenaikan harga sewa rumah pun sering menjadi pemicu inflasi," katanya.

(ma/MA/ant)

0 comments:

Post a Comment


blogger templates | modified by www.jasa-bikin-web.blogspot.com