Thursday, January 21, 2010

Hunian di Cina Merangkak Naik

(Vibiznews – Property)- Melihat perkembangan sektor properti di cina di awal tahun 2010 ini terus mengalami kenaikan pada tingkat harga properti. Kenaikan tersebut di dorong dari naiknya tingkat keuntungan (gain) yang mencapai 5,7%. Pada November lalu.


Kenaikan sektor properti juga berimbas pada produk hunian (residential) di Cina. Harga hunian di Cina hingga bulan Desember lalu terus mengalami kenaikan sebesar 7,8% di 70 kota. Kenaikan tersebut tergolong tinggi. Diperkirakan harga tersebut akan terus mengalami kenaikan.

Diketahui rata – rata harga hunian di beberapa kota di cina seperti ; Beijing, Guangzhou, Shanghai mengalami kenaikan sebesar 30% sejak tahun lalu. Dari segi transaksi yang ada, keuntungan transaksi properti di Cina juga mengalami kenaikan hingga sebesar 18%.

Adanya kenaikan tersebut membuat sinyal ke khawatiran tersendiri dimana dikhawatirkan timbul ketidak puasan para pekerja yang belum mempunyai rumah sehingga muncul gejala sosial. Melihat perkembangan properti di cina yang cukup pesat ternyata sektor tersebut menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi negeri tersebut. Bahkan beberapa analis memperkirakan jika real estate Cina tumbuh secara alami akan sebanding dengan 10 % pertumbuhan ekonomi. Jadi sektor properti akan terus menjadi perhatian pemerintah cina Begitu juga pada produk hunian (residential).

(mg/MG/VBN)

0 comments:

Post a Comment


blogger templates | modified by www.jasa-bikin-web.blogspot.com